Minggu, 23 Desember 2012

Penerapan Rumus "IF"(Logika)

Penerapan Rumus Logika


 Contoh Penerapan Logika

TABEL MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER
NO
TGL
Kode
JK
NAMA
BULAN
JENIS KELAMIN
PEKERJAAN ORANG TUA
1
021209
PN
P
Didi
Desember
Pria
Pegawai Negeri
2
120912
WR
W
Raisa
September
Wanita
Wiraswasta
3
300812
PS
W
Julia
Agustus
Wanita
Pegawai Swasta
4
250703
PN
W
Halimah
Juli
Wanita
Pegawai Negeri
5
101010
BR
P
Bayhaqi
Oktober
Pria
Buruh
6
211112
PS
P
Syukri
Nopember
Pria
Pegawai Swasta
7
180510
WR
W
Nova
Mei
Wanita
Wiraswasta
8
180109
BR
W
Eliza
Januari
Wanita
Buruh
9
070305
PS
W
Nur Asiah
Maret
Wanita
Pegawai Swasta
10
040606
WR
P
Sudarman
Juni
Pria
Wiraswasta

NILAI
KETERANGAN
60
Lulus
70
Lulus
80
Lulus
60
Lulus
50
Gagal
40
Gagal
80
Lulus
50
Gagal
60
Lulus
70
Lulus

1. Keterangan :

  1. 1.      Bulan : Jika Bulan 020109 maka angka ke 3 dan 4 bulan Menjadi Januari dan seterusnya
  1. 2.      Jenis Kelamin : @ Jika “P” maka Jenis Kelamin “Pria”
                        : @ Jika “W” maka Jenis Kelamin “Wanita”
  1. 3.      Pekerjaan Ortu :@ Jika Kode “PN” maka pekerjaan orang tuanya “Pegawai Negeri”
                          @ Jika Kode “WR” maka Perkerjaan orang tuanya “Wiraswasta”
                          @ Jika Kode”PS” maka pekerjaan orang tuanya “Pegawai Swasta”
                          @ Jika Kode “BR” maka pekerjaan orang tuanya “Buruh”
  1. 4.      Keterangan      : @ Jika Nilai < 50 maka “Gagal”
                          @ Jika Nilai > 50 maka “Lulus”
     2. Coba Aplikasikan Kedalam Microsoft Exel dengan menggunakan Rumus logika Berikut :
  1.  Pada Kolom Bulan gunakan =IF(MID(B3;2;2)="01";"Januari"(teruskan hingga bukan desember) mengapa demikian karena pada keterangan diminta dari angka 020109 angka ke 3 dan 4 akan muncul "Januari" dan seterusnya..
  2. Pada Kolom Jenis Kelamin gunakan Rumus =IF(D3="P";"Pria";"Wanita") mengapa demikian Karena permintaannya adalah Jika Kode "P" maka "Pria" ,jika "W" maka "Wanita"
  3. Pada kolom Pekerjaan Ortu gunakan Rumus =IF(C3="PN";"Pegawai Negeri" dan seterusnya sampai pada buruh.
  4. Pada Kolom Nilai gunakan Rumus =IF(I3>50;"Lulus";IF(I3<50;"Gagal";IF(I3=50;"Gagal")))
Selamat mencoba..:-) 






2











































































































4 komentar:

Unknown mengatakan...

aaaa

Unknown mengatakan...

semoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

siiipp,,,,!!

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons